MEMAHAMI ISLAM SECARA KAFFAH: INTEGRASI ILMU KEAGAMAAN DENGAN ILMU_ILMU UMUM

A. Rahman Ritonga

Abstract


Islamic techings that called kaffah (absolute, universal and elastic) in accordance with the changes of times and the area in which he imposed. The absoluteness related to the user or object and material of teachings. In terms of material and dimensions, Islamic teachings derived from Qur'an and Hadith reach all human and genie problems whenever and wherever they are. The material that is charged to human not only aspects of sharia that consists of faith(akidah), worship(ibadah) and morality(akhlak) and Islamic laws, but reach all human needs in resolving problems and become their guidelines for life. This can be proved and felt when Islamic teachings was done in an integrative way through: a). Making use of Islam as the foundation of science (axiology) without questioning the ontological and epistimology aspect. b) insert values of Islam (tawhid) in a broad sense to the general sciences and technology. c) Integrating curriculum package of general sciences with religious knowledge in the educational process to born the experts of general sciences approach in understanding the religious science with science and technology.

Ajaran Islam yang bersifat kaffah (absolut, universal dan elastis) sesuai dengan perubahan zaman dan wilayah dimana dia diberlakukan. Ke-kaffahannya terkait kepada pengguna atau objek dari ajarannya dan mataeri ajarannya. Dari segi materi dan dimensinya, ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan hadis menjangkau semua persoalan manusia dan jin kapan dan dimanapun mereka berada. Materi yang dibebankan kepada manusia bukan saja aspek syariah yang terdiri dari akidah, ibadah dan akhlak sertah hukum-hukum Islam, melaikan menjankau semua kebutuhan manusia dalam menyesaikan persolan dan memnjadi pedoman mereka seumar hidup. Adapun pemahaman ajaran Islam itu dilakukan secara integratif melalui integrasi keilmuan berdasarkan al-Qur’an sunnah adalah: a). Menjadikan Islam sebagai landasan penggunaan ilmu (aksiologi) tanpa mempermasalahkan aspek ontologis dan epistimologisnya, b) memasukkan nilai-nilai Islam (tauhid) dalam arti luas ke dalam ilmu-ilmu umum dan teknologi, c) Mengintegrasikan paket kurikulum ilmu-ilmu umum dengan ilmu keagamaan dalam proses pendidikan untuk melahirkan ahli ilmu-ilmu umum, d) melakukan pendekatan dalam memahami ilmu keagamaan dengan sains dan teknologi.

Keywords


Islamic Teachings Kaffah, Integrative Understanding.

Full Text:

PDF

References


Buku Teks

Al- Nazar, Zaglul, al-I`jaz Al-‘Ilmiy Fi al-Sunnah al-Nabawiy, Terjemahan oleh M. Lukman dengan judul : Pembuktian Sains dalam Sunnah (Jakarta: Amzah, 2006).

Al-Ghazali, Muhammad, Sunnah Nabi Dalam Pandangan Ahli Fikih dan Ali Sunnah (Jakarta: Khatulistiwa Press, 2008).

Ali, Hasbalah, Al-Tsasyri Al-Islam (Kairo: Dar al-Ma’arif, 1964).

al-Munawar, Said Aqil Husin, Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistim Pendidikan Islam (Ciputat: Ciputat Press, 2003).

............, Eklektisisme Hukum Nasional: Kompetisi antara Hukum Islam dan Hukum Umum (Yogyakarta: Gama Madiya, 2002).

Al-Nawawi, al-Naziyullah Hidayah, Kajian Kritis Pemahaman Hadis (Jakarta: Islamuna Press, t.th).

Al-Zabadi, Imam, Ringkasan Shahih al-Bukhari (Bandung: Mizan, 2000)

Azizy, Qadri, A., Melawan Globalisasi: Reinterpretasi Ajaran Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).

Bawani, M.Imam, Segi-segi Pendidikan Islam (Surabaya: al-Ikhlas, 1987).

Euis Amalia, Keadilan Distribusi dalam Ekonomi Islam (Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2009).

Hasan Langgulung, Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sauns Sosial (Jakarta: Gaya Medya Pratama: 2002)

Khon, Abdul Majid, Pemikiran Modern Dalam Sunnah (Jakarta: Kencana Pranada Group, 2011).

Khudori Soleh, A, Wacana Baru Filsafat Islam (Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2004).

Muhammad Akram Khan, Meccan Trade” dalam” Muslim World Book Review, vol 8, h. 17, yang dikutif oleh Prof. Dr. Faisal Ismail, Pijar-Pijar Islam Pergumulan Kultur dan Struktur (Yogyakarta: LESFI, 2000).

Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam: Sejarah pemikiran dan Gerakan (Jakarta: Bulan Bintang, 1991).

............, Harun Nasution Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran (Bandung, Mizan, 2000)

Nata Abuddin, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Bandung: Angkasa, 2003).

--------, Metodologi Studi Islam (Jakarta: Rajawali Pers, 1998).

Pranowo, Bambang, M., Islam Faktual Antara Tradisi dan Relasi Kuasa (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa,1998).

Shihab, Quraish, M., Membumikan al-Qur’an ( Bandung, Mizan, 1993).

Thabathaba’i, Sayyid Muhammad Husen Inilah Islam, diterjemahkan dari buku Islamic Teacings oleh Ahsin Muhammad, (Jakarta: Pustaka Hidayah, t.th).

Jurnal

Arsyad, Azhar, "Buah Cemara Integrasi dan Interkoneksitas Sains dan Ilmu Agama." HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 8.1, 2011.

-------, "Universitas Islam: Integrasi dan Interkoneksitas Sains dan Ilmu Agama Menuju Peradaban Islam Universal." dalam Jurnal Tsaqafah, Jurnal Peradaban Islam edisi 3.1, 2007.

Candraningrum, Dewi. "The Quest for Islamic Identity: Helvy Tiana Rosa’s Call for Universal Brotherhood (Ummah) and the Return to Total Islam (Kaffah)." ORIENTIERUNGEN, Zeitschrift zur Kultur Asiens 2, 2007.

Hanafi, Muchlis Muhammad. "Integrasi Ilmu dalam Perspektif Al-Qur’an." SUHUF Jurnal Pengkajian Al-Qur'an dan Budaya 3.2, 2010.

Hashim, Rosnani, “Gagasan Islamisasi Kontemporer: Sejarah, Perkembangan dan Arah Tujuan”, dalam Islamia: Majalah Pemikiran dan Peradaban Islam (INSIST: Jakarta, Thn II No.6/ Juli-September 2005.

Hidayat, Muslih. "Pendekatan Integratif-Interkonektif: Tinjauan Paradigmatik Dan Implementatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Ta'dib, 19.02, 2014.

Iskandar, Syahrullah. "Studi al-Qur’an dan Integrasi Keilmuan: Studi Kasus UIN Sunan Gunung Djati Bandung." Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 1.1, 2016.

Juanda, Anda, "Integrasi Ilmu Alam (Sains) dan Agama Berbasis Kurikulum Grass Roots di Perguruan Tinggi Islam." Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3.1, 2014.

Magdalena, Magdalena. "Konstruksi Muslim Kaffah dalam Kurikulum Terpadu di Sekolah Islam Terpadu." Proceeding IAIN Batusangkar 1.1, 2017.

Mufid, Fathul. "Integrasi Ilmu-Ilmu Islam." Jurnal Equilibrium, 1.01, 2013.

Mulawarman, Aji Dedi. "Integrasi Paradigma Akuntansi; Refleksi atas Pendekatan Sosiologi dalam Ilmu Akuntansi." Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 1.1, 2010.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. "Integritasi dan Interkoneksitas Ilmu-Ilmu Agama dan Sains Menuju Pendidikan Tinggi Islam Center of Excellences." Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1.2, 2014.

Rusdiana, A. "Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi." Jurnal Istek 8.2, 2015.

Siregar, Parluhutan. "Integrasi Ilmu-ilmu Keislaman dalam Perspektif M. Amin Abdullah." Miqot: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 38.2, 2014.

Thoyyar, Husni. "Model-model Integrasi Ilmu dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam." dalam Adabiyah jurnal Pendidikan Islam, 1, 2009.

Zada, Khamami. "Agama dan Tradisi Lokal: Pertarungan Islam Lokal dengan Islam Kaffah." Tashwirul Afkar: Jurnal Refeleksi Pemikiran Keagamaan dan Kebudayaan, 23, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/islam_realitas.v2i2.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 A. Rahman Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Islam Realitas : Journal of Islamic and Social Studies
Indexed By:




Creative Commons License
Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies
Licensed Under a a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License