Jurnal Educative : Journal of Educational Studies

Journal Educative merupakan jurnal ilmiah dalam bidang kajian kependidikan yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, yang merupakan transformasi dari jurnal analisis yang diterbitkan oleh STAIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Jurnal analisis telah terbit berkala sejak tahun 2007 dan merupakan jurnal dalam kajian pendidikan. 


Journal Educative

Dalam setiap terbitannya, Journal Educative menyuguhkan berbagai artikel akademik dalam kajian pendidikan yang tidak saja berangkat dari tradisi tekstual dalam pendidikan, tapi juga yang diramu dari penelitian-penelitian lapangan. Tema yang diangkat juga sangat beragam, mulai manajemen pendidikan, sosiologi pendidikan, teknologi pendidikan, kurikulum dan pembelajaran, psikologi pendidikan, antropologi pendidikan dan pendidikan Islam.

Di awal penerbitannya, jurnal ini hanya menjadi panggung akademik bagi dosen dan profesor di lingkungan IAIN. Namun, seiring dengan perkembangan dan distribusi jurnal di kalangan pembaca luas, jurnal ini berhasil mengajak pembaca, terdiri dari akademisi dan peneliti baik dari dalam lokal ataupun nasioanl, di luar lingkungan IAIN untuk bergabung dalam diskusi dan penerbitan artikel akademik dalam bidang pendidikan.

Seiring dengan berbagai edisi yang telah diterbitkan, jurnal ini juga melakukan berbagai pembenahan. Meski terbitan awal tidak cukup memenuhi standar kualifikasi karya akademik yang ideal, ecucative mematenkan kualifikasi artikel untuk menjaga kualitas penerbitan di setiap edisinya, mulai dari memperketat format, gaya dan kualitas akademik artikel yang hendak dipublikasikan. Saat ini, ecucative menertbitkan artikel dalam bahasa (Indonesia dan Inggris) dalam bidang kependidikan dengan pendekatan yang beragam. Setiap artikel yang diterbitkan telah melalui proses peer-review untuk menjaga kualitas penerbitan.

Journal Educative terbit dua kali dalam setahun (per 6 bulan/semester). Dalam setiap terbitannya, ecucative menerbitkan berbagai artikel akademik mengenai pendidikan baik sebagai sistem pendidikan maupun keguruan. Ecucative menjadi forum bagi sarjana, ilmuwan dan peneliti dalam kajian pendidikan di Indonesia dan luar Indonesia, konteks lokal dan global. Jurnal ini memberi ruang akademik serta publikasi artikel dengan tema pendidikan ataupun keguruan. Dengan itu, educative menjadi media difusi serta diskusi gagasan dan temuan-temuan penelitian di mana peneliti, penulis, ilmuwan dan pembaca dari berbagai tradisi untuk kalangan akademisi, peneliti dan praktisi serta pemerhati pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri

Announcements

 
No announcements have been published.
 
More Announcements...

Vol 1, No 2 (2016): Juli - Desember 2016


Cover Page