GURU PROFESIONAL DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Syafruddin Nurdin

Abstract


Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, guru profesional selain dituntut memiliki empat kompetensi utama yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional juga diharapkan piawai dalam melakukan penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas adalah kajian sistematis dalam upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut. Tujuan utama Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) adalah untuk perbaikan dan meningkatkan layanan keprofesionalan pendidik dalam menangani proses Belajar-Mengajar. Tiga konsep dalam PTK adalah sebagai berikut: (1) Penelitian, yaitu kegiatan mencermati suatu objek melalui metode ilmiah; (2) Tindakan, yaitu aktifitas yang disengaja dilakukan dengan tujuan tertentu dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan, untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar; (3)Kelas, yaitu sekelompok siswa dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Black, James dan Dean J. Champion. (2001). Metode dan Masalah Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama.

Creswell, John W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE

Emizir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hopkins, David. A (1993). Teacher Guide to Classroom Research, Philadelphia: Open University Press.

Mills, Geoffrey E. (2003). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Rory O’Brien, An Overview of the Methological Approach of Action Research.http:// www.web. net/ ~robrien/papers/ arfinal.html (29/11/2005).

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v1i1.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Educative : Journal of Educational Studies



Jurnal Educative : Journal of Educational Studies
Indexed By:



Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright © 2016 - 2020 | Journal Educative