Pendidikan Life Skills Sebagai Modal Sosial (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta)

Agus Firmansyah

Abstract


The aim of this research was to describe life skills education as the social capital that must be possessed by students. This research was a qualitative field study which seekeed to describe the data collected from the field and the literature related to the discussion. The focus of this research was on Condongcatur Muhammadiyah Elementary School. The data collection technique used to obtain data was observation, interviews, and documentation. The data was analysed in stages: data reduction, data presentation and the summarization of research results. The results of this research were as follows: first, the concept of life skills education in SD Muhammadiyah Condongcatur is an integrated system of life skills education. The implementation of life skills education is part of three main components of learning activities, namely intra-curricular, extra-curricular and school programmes and activities. Second, the process of implementing life skills education, shaping social asset at Condongcatur Muhammadiyah Elementary School, through two stages, the implementation of life skills education to build cooperation in school mosques and the application of life skills education to build confidence among students.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan kecakapan hidup (life skills) sebagai modal sosial yang harus dimiliki peserta didik di SD Muhammadiyah Condongcatur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Condongcatur. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keseluruhan data dianalisis dengan tahapan:  mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Penelitian ini menyimpulkan, yaitu: pertama, konsep pendidikan kecakapan hidup (life skills) di SD Muhammadiyah Condongcatur berupa konsep pendidikan kecakapan hidup dengan sistem terpadu. Pelaksanaan pendidikan life skills ada pada 3 komponen utama kegiatan pembelajaran yaitu intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan program dan kegiatan sekolah. Kedua, proses pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup (life skills) membentuk modal sosial di SD Muhammadiyah Condongcatur melalui 2 tahapan yaitu pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup (life skills) membangun kerjasama di masjid sekolah dan penerapan pendidikan life skills dalam membangun kepercayaan peserta didik


Keywords


Lifeskills Education; Social Capital; Elementary Schools

Full Text:

PDF

References


Anwar. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Konsep Dan Aplikasi. (Bandung: Alfabeta, 2012)

Coleman, James S. Foudations of Sosial Theory (Dasar-Dasar Teori Sosial). Bandung: (Nusa Media, 2011)

Departemen Agama RI. Pedoman Integrasi Life Skill Terhadap Pembelajaran Madrasah Aliyah. (Jakarta: Derektorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005)

Musaheri. Pengantar Pendidikan. (Yogyakarta: IRCiSoD, 2007)

Roqib, Moh. Pendidikan Perempuan. (Yogyakarta: Gama Media, 2003)

Samani, Muchlas, and Hariyanto. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)

Echols, John M., and Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. (Jakarta: Gramedia, 2003)

Hasan, Chalijah. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. (Surabaya: Al-Ikhlas, 1994)

Soyomukti, Nurani. Teori-Teori Pendidikan. (Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2010)

Dewanto, Adi, and Rahmania Utari. “Pemberdayaan Modal Sosial dalam Manajemen Pembiayaan Sekolah.” Journal Ekonomi Dan Pendidikan 3, no. 1 (2005): 25–33.

Farida Hanum, Sisca Rahmadonna, dan Yulia Ayriza, “Modal Sosial Yang Dikembangkan Guru di Sekolah Berkualitas di Yogyakarta”, Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, Volume 46, Nomor 2, November 2016, h. 233-245

Marsofiyati dan Susan Febriantina, “Pemberdayaan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Sekolah Di Kota Depok (Studi Kasus Pada Komite Smait Al-Qudwah Kota Depok)”, Econosains: Jurnal Online Ekonomi & Pendidikan, Vol 14 No 2, Agustus 2016, h. 201-224

Musa Pelu, “Pemanfaatan Modal Sosial dan Modal Budaya dalam Pendidikan Budi Pekerti”, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Volume 3, No 2, Desember 2015, h. 198-212

Naim, Ngainun. Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2012.

Ratna Puspitasari dan Aris, “Analisa Kurikulum Bermuatan Modal Sosial Dalam Pembelajaran IPS Di MTS/SMP, Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, Vol 8, No 1 (Juni, 2019), h. 72-84.

Sopidi. “Integrasi Modal Sosial dan Budaya dalam Pengembangan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Sliyeg Indramayu.” Journal Holistic 15, no. 2 (2014): 287–306.

Sumarmi, Sri. “Konsep Dasar Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 4, no. 3 (2002): 171–75.

Sumarno, Haryanto, and Bambang Saptono. “Orientasi Modal Sosial Dan Modal Cultural Di Faultas Ilmu Pendidikan UNY.” Journal Penelitian Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (2013): 68–77.

Latifah, Ana. “Tidak Ada Pembatasan Bagi Wanita Dalam Dunia Pendidikan.” Accessed November 11, 2018.

https://www.kompasiana.com/analathifah/55207385a33311114746cef9/tidak-ada-pembatasan-bagi-wanita-dalam-dunia-pendidikan.

Tim Broad Based Education Departemen Pendidikan Nasional. Kecakapan Hidup Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas. Surabaya: Surabaya Intellectual Club (SIC), 2007.

Ju’subaidi, “Peningkatan Mutu Madrasah melalui Modal Sosial”, NADWA, Vol 6, No 2 (2012), diakses pada Maret 2020 http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/299074

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, 2003: UU RI No. 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 Nomor 1.” Accessed November 12, 2018. http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v5i1.3225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Educative : Journal of Educational Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Educative : Journal of Educational Studies
Indexed By:



Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright © 2016 - 2020 | Journal Educative