Integrasi Domain Afektif Taksonomi Bloom dengan Pendidikan Spiritual Al-Ghazali (Telaah Kitab Ayyuhal Walad)

Maesaroh Lubis, Nani Widiawati

Abstract


Research on the affective domain in Bloom's taxonomy has begun with the practical problem of lack of attention to this domain, especially when compared to cognitive domains. The author adopted the concept of spiritual education described by Al-Ghazali in Ayyuhal Walad's scripture as a perspective and basis for the integration of Bloom 's affective taxonomy, the source of the theory of learning practises in Indonesia, and the essence of Al-Ghazali 's spiritual education in this paper. This literature review used Al-Ghazali 's work in Majmu'at Rasa'il as the primary source. Bloom 's work is the theoretical basis for learning designs, as Reigeluth explains in teaching-design theories and models. They recommend that education be a medium for the opening up of divine inspiration, which enables students to engage in practical action as a reflection of the usefulness of practical knowledge. In collecting the data, the author used the Library's research phases as follows: data collection, criticism, interpretation, and writing. The finding shows that the integrative-holistic learning proposed by Al-Ghazali is practically illustrated through Bloom's learning design. It exemplifies that the objective of learning is to form the three domains holistically: affective, cognitive, and psychomotor.


Penelitian mengenai domain afektif dalam taksonomi Bloom diawali dari problem praktis tentang minimnya perhatian peneliti terhadap aspek ini terutama apabila dibandingkan dengan pada aspek kognitif. Dalam tulisan ini, penulis mencoba menjadikan konsep pendidikan spiritual yang dideskripsikan Al-Ghazali  dalam kitab Ayyuhal Walad sebagai perspektif dan dasar perlu dilakukannya integrasi antara domain afektif taksonomi Bloom yang selama ini menjadi sumber teori bagi praktik pembelajaran di Indonesia dengan esensi pendidikan spiritual Al-Ghazali . Tulisan ini merupakan hasil penelaahan literatur dengan sumber primer karya Al-Ghazali  yang tertuang dalam kitab Majmu’at Rasa’il. Teori B.S.Bloom menjadi dasar teoretik desain pembelajaran yang dijelaskan Reigeluth dalam teori-teori disain pembelajaran dan model-model yang merekomendasikan bahwa seyogyanya pendidikan menjadi media bagi terbukanya inspirasi ilahiyah yang mampu menggerakkan pelajar pada tindakan praktis sebagai refleksi kebermanfaatan ilmu yang ditekuninya. Dalam proses pengumpulan data, metode yang digunakan adalah metode studi pustaka yang terdiri atas beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, kritik, interpretasi dan penulisan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran integratif-holistik yang diusung Al-Ghazali  dalam prakteknya tergambar melalui rekayasa pembelajaran Bloom. Ia menggambarkan bahwa pembelajaran harus ditujukan pada pembentukan ketiga domain secara holistik, yaitu aspek afektif, kognitif dan psikomotik

Keywords


Affective; education; spiritual

Full Text:

PDF

References


As, Asmaran, Pengantar Studi Akhlak (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002)

Ghazali, Al, Majmu’at Rasa’il (Beirut: Dar El-Fikr, 1996)

Isa, Syaikh ’Abdul Qadir, Hakekat Tasawuf (Jakarta: Qisthi Press, 2010)

Kartanegara, Mulyadhi, Menyelami Lubuk Tasawuf (Jakarta: Erlangga, 2006)

Lubis, Maesaroh, Nani Widiawati, Epistemologi Al Farabi, Struktur Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Islam, ed. by Robby H Abror (Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2019)

Manullang, Belferik, Esensi Pendidikan (Medan: Yayasan Refleksi Pendidikan, 2005)

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2010)

Munthe, Bermawi, Desain Pembelajaran (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2014)

Widiawati, Nani, Pemikiran Spekulatif Dalam Filsafat Islam (Bandung: Insan Mandiri, 2006)

Okra, Riri, and Yulia Novera, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan’, Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4.2 (2019), 121

Jazariyah, ‘Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan ISlam, 11.1 (2017), 1–24

Kusumastuti, Narendradewi, and Universitas Negeri Yogyakarta, ‘Penanam Nilai-Nilai Moral Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Usia 5 Tahun’, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5.2 (2017), 162–75

Reigeluth, Charles M., and Alison A. Carr-Chellman, Instructional-Design Theories and Models, Instructional-Design Theories and Models, 1st Editio (New York: Routledge, 2009)

Sebuah, Pada, Lembaga Pendidikan, and T K Di, ‘Penanaman Nilai-Nilai Moralitas Pada Anak Dini Usia (Studi Kasus Pada Sebuah Lembaga Pendidikan Tk Di Semarang) Bain Jurusan Sejarah Fis Unnes’, 2010, 181–92

Sesmiarni, Zulfani, ‘The Analysis of Learning Skill in Relation to Students Grade Point Average’, Talent Development & Excellence, 12.3 (2020), 881–85

———, ‘The Effective Moral Education on Early Childhood As an Effort Against Immoral Culture’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.2 (2019), 561

Sesmiarni, Zulfani, and Darul Ilmi, ‘Islamic State Institute of Bukittinggi Students’ Satisfaction on Academic Atmosphere and Service’, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21.2 (2018), 236

it, Masganti, ‘Optimalisasi Kompetensi Moral Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16.1 (2010), 1–12

Suandi, ‘Hubungan Antara Katakteristik Rumah Tangga Dengan Partisipasi Dalam Keluarga Berencana Di Provinsi Jambi’, Unja, 3.1 (2007), 149–57

Sumarna, Cecep, Rekonstruksi Ilmu Dari Empirik-Rasional Atestik Ke Empirik-Rasional Teistik (Bandung: Benah Merah Press, 2005)

Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islami (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)

Thohir, Umar Faruq, ‘Konsep Keluarga Dalam Al-Qur’an; Pendekatan Linguistik Dalam Hukum Perkawinan’, Isti’dal; Jurnal Studi Hukum Islam, 2.1 (2015), 1–10




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v5i1.3228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Educative : Journal of Educational Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Educative : Journal of Educational Studies
Indexed By:



Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright © 2016 - 2020 | Journal Educative