Gagasan dan Pemikiran Serta Praksis Pendidikan Islam di Indonesia (Studi Pemikiran dan Praksis Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra)

Iswantir Iswantir

Abstract


Menurut Azyumardi aAzra, ada dua hal permasalahan yang mendasar dalam pendidikan Islam. Pertama, berkenaan dengan situasi riil sistem pemikiran dan pendidikan Islam. Kedua, berkenaan dengan upaya rekonstruksi ilmu sebagai alternatif apa yang dilakukan di dalam merekonstruksi sistem pendidikan Islam. Azra merumuskan pendidikan adalah suatu proses di mana suatu bangsa mempersiapkan generasi mudanya untuk menjalankan kehidupan dan untuk memenuhi tujuan hidup secara efektif dan efisien. Ia menegaskan, bahwa pendidikan lebih daripada sekadar pengajaran. Pendidikan adalah suatu proses di mana suatu bangsa atau negara membina dan mengembangkan kesadaran diri di antara individu-individu.Gagasan modernisasi pendidikan Islam pada perguruan tinggi Islam tidak hanya menjadi wacana, melainkan harus menjadi kenyataan dan dipraktekkan oleh Azyumardi Azra. Praktik tersebut telah terlihat dalam berbagai upaya pembaruan yang dilakukannya pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Gagasan pembaruan pendidikan Islam yang dikemukakan Azra juga mencakup pembaruan pendidikan madrasah, pesantren dan surau.
Kata Kunci: Pendidikan Islam,Gagasan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v2i2.471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal Educative : Journal of Educational Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Educative : Journal of Educational Studies
Indexed By:



Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright © 2016 - 2020 | Journal Educative