KOMPARASI HASIL PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR INKLUSI DAN HOMESCHOOLING

Alex Yusron Al Mufti

Abstract


This study aims to describe the comparation of student achievement results of Primary School Semai Jepara with Homeschooling Primagama Semarang. Because both institutions have similarities in the category of inclusive schools, which accept all children as students based on quotas. In this study, the learning achievement studied is only the value of the main subjects namely Indonesian, Mathematics, and Natural Sciences. The result of research shows that Indonesian and Mathematics score from Semai Primary School students is superior to Homeschooling Primagama Semarang. However, in the subjects of Natural Sciences, students of Homeschooling Primagama Semarang are superior. In general, the average value of learning achievement of the main subjects obtained the conclusion of SD Semai Jepara is superior to Homeschooling Primagama Semarang. Keywords: achievement, primary school, Homeschooling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komparasi hasil prestasi siswa Sekolah Dasar Semai Jepara dengan Homeschooling Primagama Semarang. Karena kedua lembaga tersebut memiliki kesamaan dalam hal kategori sekolah inklusi, yang menerima semua anak sebagai siswa berdasarkan kuota. Dalam penelitian ini, prestasi belajar yang diteliti hanya nilai dari mata pelajaran utama yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Hasil penelitian menunjukkan nilai Bahasa Indonesia rata-rata 91,3 dan Matematika 82 dari siswa Sekolah Dasar Semai lebih unggul dibandingkan Homeschooling Primagama Semarang. Namun pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, nilai siswa Homeschooling Primagama Semarang lebih unggul dengan rata-rata 83,31. Secara umum nilai rata-rata prestasi belajar mata pelajaran utama diperoleh kesimpulan SD Semai Jepara lebih unggul dibandingkan Homeschooling Primagama Semarang. Kata-kata kunci: prestasi, Sekolah Dasar, Homeschooling.

Full Text:

PDF

References


Buku Teks

Asmani, Jamal Ma’mur, Buku Pintar Home Schooling, (Jogjakarta: FlashBooks, 2012)

Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Komunitas Sekolah Rumah Sebagai Satuan Pendidikan Kesetaraan, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Luar Sekolah, 2006).

Direktorat PSLB, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi (Buku Paket), (Jakarta: Direktorat PSLB, 2004).

Griffith, Mary, Sekolah di rumah, Memanfaatkan Seluruh Dunia Sebagai Ruang Kelas, The Unschooling Handbook, (Bandung: Nuansa, 2008)

Kembara, Maulina D. Panduan Lengkap Home Schooling, (Bandung: Progressio, 2007)

Mandhur, Ibnu, t.t., Lisanul ‘Arab, (Riyadl: Dar al-Ma’arif, 1990)

Marsha Ransom, The Complete Idiot’s Guide to Homeschooling, (USA: Alpha Publishing, 2001).

Maunah, Perbandingan Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Teras,2011)

Moreau, Kathi, Specific Differences In The Educational Outcomes Of Those Students Who Are Home Schooled VS. Students In A Traditional School Setting, (Northern: Michigan University, 2012)

Mulyadi, Seto, Homeschooling Keluarga Kak-Seto: Mudah, Murah, Meriah, dan Direstui Pemerintah, (Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka, 2007)

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2010)

Tim Penyusun, Profil Sekolah Dasar Semai Jepara, (Jepara: Sekolah Dasar Semai, 2018)

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, 2014, Bandung: Citra Umbara.

Jurnal Ilmiah

Darmadji, 2013, Tafsir al-Qur’an Tentang Teori Pendidikan Islam: Perspektif Pendidikan Islam di Indonesia, Hermeneutik, Jurnal Tafsir Hadits, volume 9, No.1, Januari-Juni, 223-244.

Pratiwi, Jamilah Candra, “Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan; Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015

Siagian, Roida Eva Flora, dan Maya Nurfitriyanti, Minat Belajar dan Karakter Anak Dalam Model Pendidikan Homeschooling di JABODETABEK, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 3, Oktober, 2014

Suharni, “Pemahaman Guru Dalam Layanan Bimbingan Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi”, Jurnal Care Edisi Khusus Temu Ilmiah, Volume 03, Nomor 3, Maret, 2016

Tri Yuni Hendrowati, Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Di Provinsi Lampung, Jurnal Fokus Konseling, Volume 3, Nomor 1, Januari, 2017

Vania Widyadana Zahida dan Winarsih Dewi, Homeschooling Tunggal Sebagai Model Pendidikan Pilihan Bagi Anak (Studi Analisis Penerapan Konsep Homeschooling Pada Princess), Prosiding Seminar Nasional: Homeschooling Versus Sekolah Formal Dialog Tentang Mutu Pendidikan Yang Bermartabat, Oktober, 2016

Wijayarto, Budi, dan Haryanto, Perbandingan Kompetensi Sosial Siswa Komunitas Homeschooling dengan siswa regular SD Muhammadiyah 1 Surakarta, Jurnal Prima Edukasia, Volume 3 – Nomor 1, 2015

Wawancara dan Observasi

Catatan Observasi, Homeschooling Primagama Semarang, Rabu 16 Mei 2018.

Dwi Heni Setyowati, Wawancara Pribadi, Rabu 16 Mei 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v3i2.547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal Educative : Journal of Educational Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Educative : Journal of Educational Studies
Indexed By:



Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright © 2016 - 2020 | Journal Educative