Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kualitas Interaksi Sosial Anak Asuh

Devi Yani Natalia, Ardimen Ardimen, Rafsel Tas'adi, Rosa Dovita

Abstract


The problem in this study was caused by children who had problems in social interaction. The purpose of this study was to improve the quality of social interaction of foster children, namely children at the Aisyiyah Orphanage, Batusangkar Branch. This type of research is pre-experiment with type one group pre-test-post-test design. From the research carried out, the results showed that group guidance services had a significant effect on the quality of social interaction of foster children at a significance level of 1%. This means that group guidance services are effective in improving the quality of social interaction of foster children.

 

Masalah pokok dalam penelitian ini dilaterbelakangi oleh banyaknya anak asuh yang memiliki masalah dalam interaksi sosial. Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kualitas interaksi sosial anak asuh, yaitu anak binaan di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan tipe one group pre-test-post-test design. Dari penelitian yang dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh signifikan terhadap kualitas interaksi sosial anak asuh. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik bahwa thitung >ttabel  pada taraf signifikan 1%. Hal ini berarti bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kualitas interaksi sosial anak asuh.



Keywords


layanan bimbingan kelompok; interaksi sosial; anak asuh

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). 2013. Panduan Umum Pelayanan Bimbingan dan Konseling pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI/SDLB, SMP/MTs/ SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK/ MAK. Jakarta: Diperbanyak oleh UNP Press.

Ahmadi, A. 2007. Psikologi Sosial. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Aliwanto., D. Y. P. Sugiharto, dan A. Sutoyo. 2014. Bimbingan Kelompok Berbasis Pendekatan Humanistik untuk MeningkatkanMotivasi Belajar Siswa.(http://Journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk.ISSN 2252-6889).diakses 14 Oktober 2016.

Andriati, N, 2016. Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. (Jurnal Konseling Gusjigang Vol 2, No. 2). Diakses September 2016

Arifin, B. S. 2015. Psikologi Sosial. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Ardimen. 2017. Bimbingan dan Konseling Komprehensif Berbasis Karakter Cerdas dan Aplikasinya melalui Bimbingan Teman Sebaya di Era Globalisasi. (Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 12, No. 2). Diakses13 Februari 2018.

Ardimen. 2017. Evaluasi Kinerja Konselor dalam Proses Konseling dan Riset Konseling di Sekolah. (Jurnal Edukasi; Bimbingan dan Konseling. ISSN 2460-5794). Diakses 11 Februari 2018.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rhineka Cipta. Jakarta.

Gibson, Robert & Mariane Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Maulana, A.M, Wibowo, E.M, Tadjri, I, 2014., Model Bimbingan Kelompok Berbasis Budaya Jawa dengan Teknik Permainan untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa SMP Kota Semarang. (Jurnal Bimbingan dan Konseling. ISSN 2252-6889). Diakses November 2014.

Monks. 2006. Psikologi Perkembangan, Gajah Mada University Pres. Yogyakarta

Neolaka, A. 2014.Metode Penelitian dan Statistik.PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Prayitno. 1995. Buku Seri Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Bimbingan dan konseling kelompok (dasar dan profil). Jakarta: Galia Indonesia.

Prayitno & Amti, E. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2010. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan Pengembangan dan Pemanfaatan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sudijono, A. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo. Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Sukmadinata, N.S. 2007. Bimbingan Konse-ling dalam Praktek. Jakarta: Maestro.

Utami, Esti Sudi. 2011. Model Peningkatan Integrasi Sosial Melalui Pengembangan Komunikasi Lintas Budaya Berbasis Sosiolinguistik Pada Masyarakat Multikultural Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Sosiologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Yunistiati, F., Djalali, M.A., dan Farid, M. 2014. Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri, dan Interaksi Sosial Remaja. Personal, (Jurnal Psikologi Indonesia) Vol 3, No.01.71-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v3i2.745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal Educative : Journal of Educational Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Educative : Journal of Educational Studies
Indexed By:



Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright © 2016 - 2020 | Journal Educative