المفردات في كتاب دروس اللغة العربية الجزء الأول للإمام الزركشى والإمام الشبانى

Hurriyatus Sa'adiyah, Indra Saputra

Abstract


Unsur kebahasaan adalah salah satu hal yang harus dipelajari dan dikuasai dalam pembelajaran bahasa Arab. Ada tiga unsur kebahasaan dalam meningkatkan keterampilan bahasa Arab, yaitu bunyi, kosa kata, dan struktur kalimat. Kosa kata menjadi salah satu unsur yang wajib dikuasai karena mempunyai pengaruh yang besar dalam berinteraksi dengan bahasa Arab. Dalam pembelajaran kosa kata, yang terlebih dahulu dipelajari adalah kosa kata yang akan sering digunakan oleh para siswa, baik itu berupa isim, fi’il, ataupun huruf. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kosa kata yang ada di buku Durus al Lughah al Arabiyah Juz I karangan Imam Zarkasyi dan Imam Syubani. Metode yang digunakan adalah metode analisis konten dengan menganalisis isi buku Durus al Lughah al Arabiyah Juz I ini. Adapun hasil penelitiannya adalah kosa kata yang ada di buku ini berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari para siswa, seperti kosa kata tentang sekitar kelas, sekolah, rumah, asrama, dan lain sebagainya. Jumlah kosa kata yang penulis temukan di dalam buku ini adalah 274 kosa kata yang diberikan secara bertahap, seperti memberikan kosa kata yang berjenis muzakkar sebelum muannats, mufrad sebelum jamak, dan kosa kata yang mudah dipahami sebelum yang sukar. Kosa kata yang dipelajari tidak hanya diberikan di satu bab saja tapi juga terdapat di bab-bab lain buku ini.


References


al Fauzan, Abdurraham bin Ibrahim. 1432 H. Idha’at li Mua’allimiy al Lughah al ‘Arabiyah li Ghair al Nathiqin biha. Riyad: al A’rabiyah lil Jami’.

____________________________. 1428 H. I’dad Mawad Ta’lim al Lughah al ‘Arabiyah li ghair al Nathiqin biha. t.t: t.p.

Al Khauli, Muhammad Ali. 1989. Asalib Tadris al Lughah al ‘Arabiyyah. Riyad: t.p.

al Mahmud, Mahmud bin Abdullah. 2014. Kaifa Nata’allam Lughah Tsaniyah. Riyad: al A’rabiyah lil Jami’.

Efendi, Ahmad Fuad. 2004. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Miskat.

Thua’aimah, Rusydi Ahmad. 1989. Ta’lim al ‘Arabiyyah li Ghair al Nathiqin biha Manahijuh wa Asalibuh. Rabat: Isesco

West, Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi. Terjemahan oleh Maria Natalia Darmayanti Maer. Jakarta: Salmeba Humanika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Fuaduna : Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan
Indexed By:



Copyright © 2017Fuaduna
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.