Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Humanisma focus tentang issue-issue kesetaraan gender dan perlindungan terhadap anak di Indonesia baik dalam perspektif Islam maupun secara umum.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Naskah yang masuk akan direview secara double blind review oleh dua orang reviewer. Reviewer memberikan pertimbangan apakah artikel akan diterima tanpa revisi, direvisi atau ditolak. Editor memberikan keputusan berdasarkan saran reviewer

 

Publication Frequency

Jurnal Humanisma terbit 2 kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember

 

Open Access Policy

Seluruh konten informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethics

Humanisma: Journal of Gender Studies yang berfokus pada kajian gender dan anak khususnya dalam relasi normativitas dan historisitas Nusantara baik dalam perspektif Islam maupun secara umum. Tanggung Jawab Editor

  1. Editor bertanggung jawab untuk memutuskan sebuah artikel yang layak untuk dipublikasikan melalui rapat dewan direksi. Editor dipandu oleh kebijakan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku terkait penghinaan, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme.
  2. Dalam proses menerima artikel, tim pengeditan didasarkan pada prinsip kesetaraan perlakuan.
  3. Dalam proses review jurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim pengeditan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnisitas, kewarganegaraan, atau ideologi politik pengarang.
  4. Tim redaksi tidak akan mengungkapkan informasi apapun tentang artikel yang diajukan kecuali dengan izin dari penulisnya.
  5. Artikel yang tidak dipublikasikan tidak akan digunakan untuk penelitian editor dan akan dikembalikan langsung ke penulis.

Tanggung Jawab Reviewer

  1. Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial pada artikel yang diajukan.
  2. Reviewer bertanggung jawab atas rekomendasi yang diberikan.
  3. Review paper dilakukan secara obyektif dan didukung oleh argumen yang jelas.
  4. Reviewer bertanggung jawab atas kutipan, referensi, dan plagiarisme artikel.
  5. Reviewer menyimpan kerahasiaan informasi untuk keuntungan pribadi.

Tanggung Jawab Penulis

  1. Penulis harus mempresentasikan artikel pemikiran atau penelitiannya, dengan jujur, dan tanpa plagiarisme, dan manipulasi data.
  2. Penulis bertanggung jawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  3. Penulis harus memenuhi persyaratan publikasi dalam bentuk keaslian karya, bukan plagiarisme, dan artikelnya belum dipublikasikan di jurnal atau publikasi lain.
  4. Penulis menunjukkan referensi dari pendapat dan karya orang lain.
  5. Penulis menulis makalah atau artikel secara etis, jujur, dan bertanggung jawab dengan peraturan kepengarangan ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis dilarang mengirim / menerbitkan artikel yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi.
  7. Penulis tidak keberatan jika artikel di edit tanpa mengubah substansi atau ide dasar penulisan.

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah LP2M IAIN Bukittinggi sebagai penerbit Humanisma: Journal of Gender Studies bertanggung jawab menerbitkan artikel setelah melalui proses editing, peer review, tata letak sesuai dengan aturan penerbitan jurnal ilmiah.
  2. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah LP2M IAIN Bukittinggi sebagai penerbit Humanisma: Journal of Gender Studies bertanggung jawab untuk memastikan kebebasan akademik bagi editor dan pemeriksa dalam menjalankan tugasnya.
  3. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah LP2M IAIN Bukittinggi sebagai penerbit Humanisma: Journal of Gender Studies bertanggung jawab untuk menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

.

 

Plagiarism Policy

Humanisma menggunakan Crosscheck dari Crossref untuk mengoreksi naskah dan memastikan orisinalitasnya.

 

Publication Fee

Artikel yang dimuat di Humanisma tidak memungut biaya kepada penulis