ECONOMIC EMPOWERMENT OF POOR FAMILY HEADS THROUGH MARKET-BASED MICRO BUSINESS GROUPS IN MKS DISTRICT, BUKITTINGGI CITY

Reflinda Reflinda

Abstract


Mandiangin Koto Selayang merupakan salah satu dari tiga kecamatan yang berada di Kota Bukittinggi, di kecamatan ini ditemukan PEKKA miskin sebanyak 116 KK dan merupakan kecamatan yang laing banyak PEKKA miskin dibandingkan dengan dua kecamatan lainnya di Kota Bukittiggi. Sasaran dari pengabdian ini merupakan kelompok dari PEKKA miskin tersebut dengan melakukan program pemberdayaan untuk mengatasi masalah ekonomi yang dihadapinya. Pemberdayaan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ekonominya adalah dengan membentuk kelompok usaha mikro berbasis pasar. Dimana PEKKA di kelompokan berbdasarkan jenis-jenis usaha yang dilakukannya dan mendampinginya supaya bisa menguasai pasar untuk kepentingan kemajuan usaha-usaha ekonomi kelompok yang lakukan itu. Diantara jenis usaha kelompok mikro yang dilakukan adalah, membuat asesoris, makanan ringan dan usaha jualan harian. Diantara program pendampingan untuk kepentingan kemajuan usaha itu adalah telah dilakukan terhadap PEKKA ini dampingan komunkasi usaha, motivasi untuk berusaha, membantu informasi pemasaran. Hasil dari pendampingan menunjukkan bahwa, PEKKA mempunyai semenagat untuk berusaha, dan sangat membutuhkan modal dalam pengembangan usaha kelompok yang dilakukannya.


Full Text:

PDF

References


Bartenputra, Adrian. “Pengaruh Kesesuaian Kompensasi, Ketaatan Akuntansi Dan Asimetri Informasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris Pada SKPD Kota Bukittinggi).” Jurnal Akuntansi 4, no. 2 (June 10, 2016).

Handayani, Hepi Hapsari, and Agung Budi Cahyono. “Pemetaan Partisipatif Potensi Desa (Studi Kasus: Desa Selopatak, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.” Geoid 10, no. 1 (August 1, 2014): 99. https://doi.org/10.12962/j24423998.v10i1.705.

Sasmita, Siska. “Peran Perempuan Suku Minangkabau Yang Menjadi Kepala Keluarga (PEKKA) Bagi Penciptaan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Di Kecamatan Padang Timur.” Humanus 10, no. 1 (July 30, 2012): 82. https://doi.org/10.24036/jh.v10i1.489.

“Website Resmi Kota Bukittinggi.” Accessed October 22, 2019. http://www.bukittinggikota.go.id/site.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/humanisme.v3i1.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Journal Humanisma : Journal of Gender Studies
Indexed By:





Copyright © 2020 Journal Humanisma
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.