PENGARUH LABEL HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MAHASISWA IAIN BUKITTINGGI T.A 2016/2017


Authors :
(1) M Imamuddin Mail (Dosen Pendidikan Matematika FTIK IAIN Bukittinggi)

Abstract


There are many kind foods product in Indonesia that have been declared halal or already labeled halal issued by the Food and Drugs Assessment Institute of Indonesian Ulema Council (LPPOM-MUI), one of them is instant noodle. This study aims to analyze the effect of halal label on purchasing decisions, the influence of religiosity on purchasing decisions and the effect of halal label and religiosity together on purchasing decisions. The sample in this study is the students of IAIN who purchased instant noodles in the past week that consits of 384 students. The data was colledted by using questionnaire analyzed by using t-test, F-test and SPSS version 16. From the research result, halal label had an effect of 18.2% to purchase decision, religiosity influenced 4.2% to purchase decision and jointly label halal and religiosity influence 19.6% of purchasing decisions. This result implies to the future, that students should be more open to halal label and apply the religion in everyday life. Produk makanan di Indonesia yang sudah dinyatakan halal atau sudah berlabel halal yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) sangat beraneka ragam jenisnya, salah satunya produk makanan mie instan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian, pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian dan pengaruh label halal dan religiusitas secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN bukittinggi yang membeli mie instan dalam seminggu terakhir dengan jumlah sampel 384 mahsiswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan data dianalisis dengan mengunakan uji-t, uji-F dan SPSS versi 16. Dari hasil penelitian diperoleh label halal berpengaruh sebesar 18.2% terhadap keputusan pembelian, religiusitas berpengaruh sebesar 4.2% terhadap keputusan pembelian dan secara bersama-sama label halal dan religiusitas berpengaruh sebesar 19.6% terhadap keputusan pembelian. Hasil ini berimplikasi kedepannya mahasiswa harus lebih terbuka terhadap label halal dan lebih mengaplikasikan ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/es.v1i1.448

References

Ady Syahputra & Haroni Doli Hamoraon, 2014. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan dalam Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol.2 No.8 hal. 475-487. 2014. Departemen Ekonomi Pembangunan USU

Ancok, Djamaludin dan Fuat Nasori Suroso. 2011. Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi, Cetakan VIII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anton Bawono, 2011. Kontribusi Religiusitas dalam Perilaku Pengambilan Keputusan Konsumsi. Jurnal Muqtasid Volume 2 Nomor 1, Juni 2011, hal. 115-134

Departemen Agama RI, 2003. Panduan Sertifikasi Halal. Jakarta

Dewi Kurnia Sari & Ilyda Sudardjat, 2013. Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol. 1, No.4, Maret 2013 Departemen Ekonomi Pembangunan USU

Departemen Agama RI, 2000/2001. Pedoman Pangan Halal bagi Konsumsi, Importir dan Konsumsi di Indonesia. Jakarta: Tim Penerbit Buku Pedoman Pangan Halal

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, 2003. Petunjuk Teknis Pedoman System Produksi Halal, Jakarta: Departemen Agama

Dwiwiyati Astogini, dkk, 2011. Aspek Religiusitas dalam Keputusan Pembelian Produk Halal. JEBA, Vol.13, No.1, Maret 2011. Universitas Jenderal Soedirman

Eri Agustian H & Sujana, 2013. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Wall’s Conello). JIMKES Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 1 No. 2, 2013 hal. 169-178 ISSN 2337 – 7860 STIE Kesatuan Bogor

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Universitas Diponegoro

Kotler, Philip & Amstrong, Gary., 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Moh. Pabundu Tika, 2006. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara

Sarwono, J. 2010. Riset Akutansi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suharso dan Yudi Sutarso, 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sumarwan, Ujang, 2001. Perilaku Konsumen. Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Yuli Mutiah Rambe & Syaad Afifuddin, 2012. Pengaruh Pencantuman Label Halal pada Kemasan Mie Instan Terhadap minat Pembelian Masyarakat Muslim. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1, No. 1, Desember 2012. Departemen Ekonomi Pembangunan USU

Yusuf qardhawi, 2000. Halal dan Haram dalam Islam, Surakarta: Era Intermedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/es.v1i1.448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 M. Imamuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________
Academia.Edu

Ekonomika Syariah : Journal of Economic Studies
e-ISSN / p-ISSN : 2614-81292614-8137
Organized by : LPPM Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi
W : https://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/febi

E : fuaduna.ejurnaliainbkt@gmail.com - fuaduna@iainbukittinggi.ac.id
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

"View Stats"