ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN (KLASIK DAN MODERN) DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Filsafat pendidikan Islam adalah usaha untuk mencari konsep-konsep yang mengarahkan manusia diantara berbagai gejala yang bermacam-macam proses pendidikan dalam rancangan yang berpadu dan menyeluruh berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Sumber dan nilai-nilai pendidikan dalam pandangan filsafat pendidikan Islam adalah berasal dari Allah Swt, sehingga semua sumber dan nilai yang dikembangkan dalam aliran pendidikan klasik dan modern sangat jauh berbeda dengan pengembangan filsafat pendidikan Islam.Pengembangan aspek-aspek kemanusiaan dalam pandangan aliran-aliran filsafat pendidikan klasik dan modern hanya menyentuh beberapa aspek tertentu, sedangkan dalam pandangan filsafat pendidikan Islam harus mengacu ke semua aspek hakikat manusia dalam Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abudin Nata, Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat, Jakarta, Rajawali Pers, 2012
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yokyakarta, Pustaka Pelajar, 2005
Abd. Haris, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Amzah, 2012
Abd. Rachman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Rajawali Pers, 2012
Ahmad. D. Marimba, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung, Al-Ma’arif, 1980
Jalaluddin, Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat dan Pendidikan, Jakarta, Rajawali Pers, 2012
Omar Mohammad al-Thoumy Al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta, Bulan Bintang, 1979
Ramayulis dan Ahmad Sabri, Filsafat Pendidikan, Pandang, Quantum Press, 2002
Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, 2010
Syed Muhammad Al-Nuqib Al-Attas, Konsep Pendidikan dalam Islam, Bandung, Mizan, 1990
DOI: http://dx.doi.org/10.30983/it.v1i2.416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 ISLAM TRANSFORMATIF : Journal of Islamic Studies
Islam Transformatif : Journal of Islamic Studies
Indexed By:
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.