BIAS GENDER DALAM BUKU AJAR AL-ARABIYAH LINNAASYIIN

nur hasnah

Abstract


Arabic has sex differences in its internal structure system. This brings influence to books written in Arabic, among them are books used to study Arabic that has spread in the world of education. Actually a lot of Arabic teaching books that have spread in education with various titles. One of them is quite familiar is the book of Al-Arabiyah Linnasyi'in. This book is one of the recommended textbooks for non-Arabic Arabic students. This research includes library research. Further data is analyzed by using content analysis method (content analysis). The author will directly examine the contents of the text of the book by looking at the contents of the communication qualitatively and interpret the contents of the communications. The results show that gender inequality is still found in the book in terms of word selection, in speech discourse, in pictures and illustrations as well as in the selection of sentence structure. Among the efforts that can be done is to improve the Arabic curriculum by providing a gender balance in the preparation of textbooks as well as educators can also adjust the content of teaching with the situation in the learning process related to gender.

Bahasa Arab memiliki perbedaan jenis kelamin pada sistem struktur internalnya. Hal ini membawa pengaruh kepada buku-buku yang ditulis dengan bahasa Arab, diantaranya adalah buku-buku yang digunakan untuk belajar bahasa Arab yang sudah tersebar di dunia pendidikan. Sebenarnya banyak sekali buku-buku ajar Bahasa Arab yang telah tersebar di dunia pendidikan dengan berbagai macam judul. Salah satunya diantarnya yang cukup familiar adalah kitab Al-Arabiyah Linnasyi’in. Buku ini merupakan salah satu buku ajar yang direkomendasikan untuk para pelajar bahasa Arab yang non-Arab. Penelitian ini termasuk library research. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi). Penulis akan langsung meneliti isi teks buku tersebut dengan melihat isi komunikasinya secara kualitatif dan memaknai isi komunikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ditemukan ketidakadilan gender dari buku tersebut dalam hal pemilihan kata, dalam wacana percakapan, dalam gambar dan ilustrasi serta dalam pemilihan struktur kalimat. Diantara upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki kurikulum bahasa Arab dengan memberikan keseimbangan gender dalam penyusunan buku teks serta pendidik juga bisa menyesuaikan isi buhan ajar dengan keadaan dalam proses belajar mengajar terkait gender.

Full Text:

PDF

References


Adib Bisri, dan Munawir AF,(1999), Kamus Al Bisri, Surabaya: Pustaka Progesif

John M. Echols dan Hassan Shadily, (1983), Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, cet XII

Mahmud Ismail Sini, Nasif Musthofa, Abdul Aziz Thohir Husein, (1983), Al-Arabiyah Linnasyiin, Arab Saudi: Mamlakah al-‘Arabiyah as-Su’udiyyah

Maulana Khusen, Bias Gender dalam buku pelajaran Bahasa Arab untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah karya Darsono dan T.Ibrahim, Raushan: Journal Vol. 4 No. 2, Juli 2014

Mufidah, (2013), Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender –edisi revisi–, Jakarta: UIN-Maliki Press

Nasharuddin Umar, (1999), Argumen Kesetaraan Gender Perspektif al- Qur’an, cet.1, Jakarta: Paramadina

Nur Rofiah, “Bahasa Arab sebagai Akar Bias Gender dalam Wacana Islam”, http://arabionline.blogspot.co.id/2012/02/bahasa-arab-sebagai-akar-bias-gender.html, diakses pada 29 Mei 2017

Tim Penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud. (1990), Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Balai Pustaka

Widaningsih, L., tt, ”Relasi Gender dalam Keluarga: Internalisasi Nilai-Nilai Kesetaraan dalam Memperkuat Fungsi Keluarga”, dalam hlm. 1-7, http:www. file.upi.edu.Relasi_Gender-Lilis.pdf, diakses pada: 18 Desember 2016.

www.upi.edu/ai.php, diakses pada 2 Juni 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/jh.v1i1.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Journal Humanisma : Journal of Gender Studies
Indexed By:





Copyright © 2020 Journal Humanisma
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.